Mengajarkan Bahasa Inggris di Usia Dini?

belajar bahasa inggris

Fatwa Asy Syaikh Muhammad Shalih Al ‘Utsaimin
Pertanyaan:
Apa resiko seorang anak kecil belajar dua bahasa sekaligus yaitu bahasa arab untuk menghafal Al Qur’an dan bahasa Inggris. Anak tersebut memiliki kemampuan yang baik berinteraksi dengan kedua bahasa diatas dengantetap berpegang teguh dengan akhlak Islam? Pertanyaan lainnya, Fadhilatusy Syaikh, saya menyekolahkan anak laki-laki saya ke TK yang mengajarkan bahasa asing (TK Internasional). Akan tetapi ada sekolah terlebih TK negeri yang berlawanan sistem pengajarannya dengan TK ini. Lulusan dari TK negeri disiapkan untuk memasuki jenjang pendidikan dasar selanjutnya. Mereka jumlahnya lebih banyak daripada anak yang tidak sekolah TK. Apakah ini karena nasehat Anda dengan mngeluarkan sebuah fatwa ataukah semata-mata ijtihad Anda sendiri? Semoga Allah memberi pahala kepada Anda.
Jawab :
Pertama, saya tidak tahu apa perbedaan fatwa dengan nasehat. Seorang penasehat, lebih dari sebatas mufti. Seorang mufti menjelaskan hukum namun terkadang tidak disertai dengan anjuran dan peringatan. Berbeda dengan penasehat, dia menjelaskan hukum sekaligus memberi arahan, anjuran dan peringatan. Dan prinsip yang saya pegangi sebagai bagian dari agama, bahwa orang tua yang mengajarkan anak di usia dini (dengan bahasa asing selain arab) menurutku bukanlah orangtua yang bijak.
Masalah terkait mereka belajar bahasa Arab, bahasa Inggris dan belajar Al Qur’an dan ilmu lainnya merupakan kewajiban semu. Saat ini, ketika anak-anak diajari bahasa Inggris, mereka akan berbicara dan ngobrol dengan bahasa Inggris.
Cobalah sekarang kita lihat, mereka belajar istilah ‘bye-bye!’ Mereka mempelajarinya. Artinya anak-anak kecil tersebut akan sangat mencintai bahasa Inggris karena bahasa ini asing di lidah mereka.
Memang benar, mereka dipersiapkan di pendidikan anak-anak. Karena TK negeri tidak menggunakan metode ini. Di TK juga dilakukan persiapan untuk itu. Akan tetapi yang lebih baik, seperti anakku di masa kecilnya selalu berada di rumah dan selalu mengikutiku, aku senantiasa bersikap lembut dan diapun berbuat baik padaku. Hingga dia mencapai usia yang ditentukan Nabi shallallahu’alaihi wasallamdimana anak bisa menerima pelajaran. Maka akupun memasukkannya ke sekolah.
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
مروا أبناءكم بالصلاة لسبعٍ واضربوهم عليها لعشر
“Perintahkanlah anak-anak kalian menunaikan shalat saat umur 7 tahun. Dan pukullah mereka (jika tidak menaati perintah) saat umur 10 tahun.”
Inilah pendidikan yang benar. Adapun membebani anak kecil dengan belajar sebelum waktunya bukan termasuk pendidikan yang baik. (Silsilah Al Liqaa Asy Syahri 3)
Marja': Tathbiiq Fatawa Ibn ‘Ustaimin Lianduruwid
Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Wanitasalihah.Com
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits
Audio Player
خطر تعلم الأطفال اللغة الإنجليزية في سن مبكرة
السؤال :
ما العيب إذا تم تعليم الطفل اللغتين: العربية وحفظ القرآن، واللغة الإنجليزية، وكان للطفل القدرة على التعامل باللغتين مع الالتزام بالخلق الإسلامي؟ سؤال آخر: فضيلة الشيخ، أنا أدخل الصبية رياض الأطفال حيث يُعلمون اللغة الأجنبية، ولكنهم مقابل ذلك يخرجون من تلك الرياض -وأخص منها الحكومية- يخرجون منها مؤهلين للدراسة في المرحلة الابتدائية أكثر من أولئك الذين لم يدخلوا الرياض، سؤالي: هل نصحكم فتوى أم هو اجتهاد منكم أثابكم الله؟
الجواب :
أولاً: أنا لا أدري ما الفرق بين الفتوى أو النصيحة، الناصح مفت وزيادة؛ لأن المفتي يبين الحكم وقد لا يعطي ترغيباً ولا ترهيباً، لكن الناصح يعطي الحكم ويرغب أو يرهب، وأنا الذي أدين الله به أن الإنسان الذي يعلم أطفاله الصغار الذين في هذا المستوى أرى أنه ليس بناصح لهم .
ومسألة أنهم يتعلمون اللغة العربية، واللغة الإنجليزية، والقرآن، وما أشبه ذلك، هو فرض وهمي، الآن الصبيان إذا تعلموا اللغة الإنجليزية تجدهم يتكلمون بها ويتخاطبون بها .
الآن يقول الواحد منهم يتعلمون: باي باي! يتعلمون هذا، أي: هم يعشقون اللغة الإنجليزية لأنها غريبة على ألسنتهم .
وأما أنهم يؤهلون فنعم، لأن رياض الأطفال الحكومية لا تنهج هذا المنهج، فقد يكون في هذه الرياض تأهيل، لكن أفضل أن يكون ولدي ما دام صغيراً عندي في بيتي أحن عليه وأألفه ويألفني، ثم إذا بلغ السن التي حدد النبي صلى الله عليه وسلم أن يكون الطفل قابلاً أدخله، قال النبي عليه الصلاة والسلام: «مروا أبناءكم بالصلاة لسبعٍ واضربوهم عليها لعشر». هذه هي التربية الصحيحة، أما أن أثقل عليه من يوم هو صغير في التعلم فقد لا يكون هذا من حسن التربية .

Sumber : http://wanitasalihah.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JADIKAN ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN

Nasihat Menjelang Tidur